Anime

Anime Shoujo dan Josei yang Enak Ditonton Cowok

Switch-on 11/08/2015 19:37:00 2 Komentar
Gambar Anime Shoujo dan Josei yang Enak Ditonton Cowok

Bosan dengan anime shounen? atau sudah capek nonton anime gore yang sedang ngetren akhir-akhir ini? Mungkin sudah saatnya kalian mulai melirik anime genre lain yang belum pernah kalian tonton. Sebenarnya ada banyak anime bagus yang sering terlewatkan karena genre yang diangkat tidak populer. Dari sekian banyak genre anime yang ada, genre shoujo dan josei paling sering dilewatkan penonton cowok. Mengingat dua genre ini yang memang ditujukan untuk penonton cewek, tak heran kalau genre ini kurang populer di kalangan cowok.

Sekedar informasi, shoujo (少女) dan josei (女性) sendiri dalam bahasa jepang berarti perempuan. Bedanya kalau shoujo, anak perempuan atau gadis yang berumur 10 tahun sampai 18 tahun. Sedangkan Josei, perempuan akhir remaja hingga menginjak dewasa (15 tahun sampai 44 tahun). Kalau dilihat dari artinya, shoujo dan josei sebenarnya lebih tepat disebut sebagai istilah untuk menunjukkan target demografi ketimbang disebut genre. Begitu pula dengan shounen (anak laki-laki 10 tahun sampai 18 tahun) dan seinen (pria 18 tahun sampai 30 tahun).

Meskipun anime shoujo dan josei ditujukan untuk kalangan cewek bukan berarti tidak ada anime yang bisa dinikmati penonton cowok. Setidaknya ada beberapa anime yang menurut saya enak untuk ditonton cowok. Berikut anime shoujo dan josei terbaik yang sayang dilewatkan penonton cowok.

Nodame Cantabile

Anime bertema musik yang diangkat dari manga populer berjudul sama. Bercerita tentang Chiaki Shinichi, seorang pelajar top di Akademi Musik Momogaoka. Meski di akademi mengambil jurusan piano ia berambisi untuk menjadi seorang konduktor okestra. Lahir di keluarga pemusik, ia memiliki talenta di bidang piano dan biola. Sebaliknya, Noda Megumi atau Nodame adalah seorang pelajar jurusan piano yang terkenal karena berantakan dan perilakunya yang eksentrik. Meski sangat berbakat, ia hanya bisa memainkan musik yang telah ia dengar dan sulit memahami notasi musik, karena itu ia dianggap seorang yang gagal.

Sangat direkomendasikan buat kalian yang suka Shigatsu wa Kimi no Uso atau anime bertemakan musik lainnya. Meski dari segi cerita tak sedramatik Shigatsu wa Kimi no Uso, tapi dari segi komedi, anime ini lebih baik. Tingkah sang heroin Nodame yang kocak benar-benar menghibur setiap episodenya. Apalagi kebiasaannya pasang bibir monyong tiap kali main piano, bikin yang nonton gemes

Natsume Yuujinchou

Anime supernatural sealam dengan Mushishi. Awal mula saya kenal suaranya Kamiya (Prison School, Noragami) dari anime ini. Salut dengan seiyuu satu ini, mulai dari anime shoujo, shounen, seinen, harem hingga ecchi semuanya bisa diperankan dengan sangat baik. Tak heran sering dapat penghargaan seiyuu terbaik.

Bercerita tentang Natsume, seorang murid SMA yang dapat melihat roh. Setelah kematian neneknya yang bernama Reiko, ia mendapat warisan Yuujinchou (Buku Persahabatan). Yuujinchou adalah sebuah buku yang berisi nama-nama roh yang pernah dikalahkan Reiko. Roh yang namanya tertulis di Yuujinchou akan patuh kepada pemilik buku tersebut. Selamanya mereka terikat dengan Yuujinchou sampai pemiliknya mengembalikan namanya untuk membebaskan roh yang terikat. Sebagai cucu Reiko, Natsume merasa bertanggung jawab terhadap roh-roh yang terikat dalam Yuujinchou. Bersama dengan Nyanko-sensei, dia mulai mengembalikan nama roh yang datang padanya untuk membebaskannya.

Kimi ni Todoke

Anime shoujo romance terbaik sampai saat ini (pendapat pribadi). Tiga kali rewatch gak bosan-bosan lihat karakter lugu Sawako . Dari anime inilah saya mulai explore anime romance.

Kisah romantis gadis berwajah horor dengan cowok paling populer di sekolah. Kuronuma Sawako sering dijuluki sebagai Sadako karena kemiripannya dengan hantu di film The Ring. Menurut rumor yang beredar di sekolah, dia bisa melihat hantu dan dipercaya membawa kutukan. Namun, meski penampilannya terkadang terlihat menyeramkan, sebenarnya dia seorang gadis manis yang lugu. Sawako adalah gadis baik yang selalu mencoba bersikap ramah dan berusaha dapat berguna bagi teman-temannya, tapi karena tidak dapat mengekspresikannya dengan benar, justru malah membuat temannya salah paham dan menjauhinya. Ketika ia mulai berbicara dengan Kazehaya Shouta, perlahan kehidupannya berubah. Kazehaya adalah orang paling populer di sekolah. Kazehaya membantu Sawako untuk dapat berinteraksi dan berbicara dengan banyak orang. Meski banyak masalah dan hambatan yang menimpa, mereka mampu mengatasinya dan perlahan tumbuh rasa cinta diantara keduanya.

Usagi Drop

Anime penentram jiwa. Aura unik khas josei membuat penonton menikmati alur cerita dalam keheningan yang nyaman. Inilah salah satu alasan kenapa saya mulai tertarik nonton anime josei.

Bercerita tentang kehidupan Daikichi, seorang pria lajang berumur 30 tahun. Ketika Daikichi pulang ke rumah menghadiri pemakaman kakeknya ia bertemu dengan Rin untuk yang pertama kalinya. Rin adalah putri tidak sah kakeknya dari ibu yang tidak diketahui. Semua saudara Daikichi tidak menyukai keberadaan gadis ini dan memperlakukannya selayaknya anak buangan. Daikichi yang merasa terganggu dengan sikap mereka, memutuskan untuk mengurus Rin sendiri meskipun ia tidak memiliki pengalaman membesarkan seorang anak.

Interaksi antar karakter diperankan dengan baik dalam anime ini. Yang saya suka dari anime ini, karakter utama Rin digambarkan sebagai anak gadis biasa sebagaimana seorang gadis. Tidak seperti di kebanyakan anime lain yang meski memiliki penampilan dan suara anak-anak, tapi karakternya dewasa.

Kombinasi cerita slice of life dengan suasana khas josei jadi tontonan sempurna setelah selesai beraktivitas. Anime yang cocok ditonton bersama keluarga.

Hotarubi no Mori e

Anime shoujo dengan sad story terbaik yang membuat penonton nge-feels

Anime yang diadaptasi dari manga one shot dengan judul yang sama, karya Midorikawa Yuki. Penulis yang juga menulis Natsume Yuujinchou. Suka banget dengan romance story Midorikawa-sensei. Ceritanya benar-benar membuat penonton terhanyut dalam romantika antara manusia dengan yuurei (roh, hantu).

Bercerita tentang seorang gadis berumur enam tahun bernama Takegawa Hotaru, yang tersesat di hutan yang dihuni oleh Yamagami atau roh gunung, serta youkai (makhluk halus). Dia diselamatkan oleh penghuni hutan yang memakai topeng bernama Gin. Gin berbicara kepada Hotaru, kalau manusia menyentuhnya ia akan menghilang (lenyap).
Selama beberapa hari berikutnya, Hotaru kembali lagi ke hutan untuk mengunjungi Gin hingga mereka menjadi teman meski ada pembatas diantara mereka. Saat Hotaru akan meninggalkan Gin untuk kembali ke kota  melanjutkan sekolahnya, dia berjanji akan kembali mengunjunginya pada liburan musim panas berikutnya.
Tahun-tahun berlalu, Gin yang tidak bertambah tua, sementara Hotaru mulai beranjak remaja, dia mulai jatuh cinta dengan Gin dan berjuang untuk masa depan mereka yang tidak bisa bersama selamanya.

Kaichou wa Maid-sama!

Ayuzawa Misaki adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua dewan perwakilan sekolah di SMA Seika yang didominasi oleh siswa laki-laki. Di sekolah, dia menerapkan aturan yang ketat. Meski di sekolah dia terlihat sebagai seorang perempuan tomboy, sebenarnya ia memiliki satu rahasia kalau dia bekerja di sebuah cafe sebagai Maid. Suatu hari siswa paling populer, Usui Takumi tak sengaja mengetahi rahasianya dan membuat kesepakatan dengan dia untuk menjaga rahasia, sebagai gantinya Misaki harus menjadi pelayan pribadi Usui.

Dari banyaknya karakter maid, cuma misa-chan yang paling berkesan. Walau sebenarnya saya lebih suka karakter maid berambut ponytail kayak saki-saki. Sayangnya dia buka maid.

Ore Monogatari

Kisah cinta unik cowok bertubuh raksasa dengan gadis bertubuh mungil. Jadi ingat duo komedian koplak Risa dan Ootani di Lovely Complex.

Bercerita tentang Gouda Takeo, seorang pelajar SMA yang memiliki badan besar. Berat badannya kira-kira 120 kg dengan tinggi 2 meter. Dia menjalani kehidupan sehari-harinya dengan sahabatnya Sunakawa Makoto yang populer dikalangan gadis-gadis.
Takeo sering tidak beruntung dalam kisah cintanya. Setiap gadis yang ia suka selalu saja jatuh cinta dengan sahabatnya, Sunakawa.
Suatu ketika di dalam kereta, Takeo menyelamatkan seorang gadis dari laki-laki yang mencoba berbuat tidak senonoh kepadanya. Mungkinkah ini awal musim semi untuk Takeo?

Natsume Yuujinchou Hotarubi no Mori e Kimi ni Todoke Ore Monogatari!! Nodame Cantabile Shigatsu wa Kimi no Uso Usagi Drop Kaichou wa Maid-sama! Shinichi Chiaki Gin Madara Makoto Sunakawa Takeo Gouda Daikichi Kawachi Takumi Usui Misaki Ayuzawa Takashi Natsume Megumi Noda Sawako Kuronuma Rin Kaga Hiroshi Kamiya Rekomendasi Anime Shoujo Josei

Komentar

Isi Pulsa Gratis
15/10/2016 05:12:49
Satu lagi gan buat tambahan, yaitu shigatsu wa kimi no uso....
bikin baper endingnya
:'(
Adam Muiz
03/06/2021 22:00:07
Ngak sabar pengen nonton lanjutan anime Natsume Yuujinchou, beberapa tahun ini produksi movienya. semoga juga segera rilis seriesnya
Silahkan login dahulu untuk menulis komentar